Adebayor Kecam Sanksi bagi Togo


Olahraga
03 Februari 2010
Adebayor Kecam Sanksi bagi Togo

MANCHESTER- Emmanuel Adebayor mengecam larangan tampil bagi Togo dalam dua turnamen Piala Afrika berikutnya. Kapten timnas Togo yang marah dengan pemberian sanksi tersebut meminta Presiden Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) Issa Hayatou mundur dari jabatannya.

”Issa memang telah melakukan banyak hal bagi Afrika, tapi sekarang saatnya bagi dia untuk mundur. Saya sangat kecewa,” kata Adebayor.
Menurutnya, Hayatou telah mengeluarkan keputusan yang sangat menyakitkan. Pasalnya, Togo mengundurkan diri di Piala Afrika 2010 karena mendapat serangan dari teroris dalam perjalanan menuju Angola.

Serangan tersebut menewaskan spoir, asisten pelatih, dan seorang ofisial tim. Situasi itu yang mendorong pemerintah Togo meminta Adebayor cs pulang sehingga batal tampil di Angola.

Kebijakan pemerintah Togo ternyata menjadi alasan bagi CAF menjatuhkan sanksi keras. Hayatou telah menegaskan, hukuman dijatuhkan karena adanya campur tangan politik.

Menurut Adebayor, dia dan rekan-rekannya harus mematuhi keputusan Presiden Togo Faure Gnassingbe. Mereka berangkat atas nama negara, sehingga harus menaati perintah kepala negara.

”Kami hanya duta negara, harus mematuhi perintah. Tidak ada yang bisa kami lakukan,” ungkap Adebayor.
Striker yang membela Manchester City itu mengungkapkan, dia nyaris gantung sepatu setelah insiden penembakan di Angola. Menurutnya, simpati The Citizen telah membuatnya mengurungkan niat tersebut.
”Saya sempat berpikir tidak akan kembali melihat City of Manchester Stadium. Saya melewati momen sulit dalam hidup dan sungguh terasa berat,” tuturnya.

Trauma

Adebayor belum sepenuhnya pulih dari trauma insiden itu. Dia dan mereka yang hidup beruntung bisa selamat dari berondongan senjata berat yang dilepas pemberontak Angola ke arah bis.
Korban yang hidup mengalami trauma luar biasa. Tak ada yang tahu pasti kapan para pemain Togo dapat pulih sepenuhnya dari trauma tersebut.

Pelatih Togo Hubert Velud mengungkapkan pendapat yang sama dengan Adebayor. Dia menegaskan akan mengusahakan agar sanksi CAF dicabut. ”Saya penasaran mengetahui apakah Sepp Blatter dan Michel Platini akan mendukung keputusan ini,” terangnya.
Togo telah mempersiapkan banding atas larangan tampil tersebut. Mereka juga meminta FIFA turun tangan agar semua pihak tak ada yang dirugikan. (rtr,H29-78)

0 Response to "Adebayor Kecam Sanksi bagi Togo"