Jateng Dukung Kiai Sahal Mahfudh

Berita Utama
03 Februari 2010
Menjelang Muktamar NU
Jateng Dukung Kiai Sahal Mahfudh
SEMARANG - Rois Syuriyah PWNU Jateng KH Masruri Mughni menegaskan, selama KHMA Sahal Mahfudh masih bersedia menjadi Rois Aam PBNU, pihaknya akan mendukung penuh.

‘’Kami tidak ada masalah, yang penting Kiai Sahal masih bersedia,’’ tegasnya, kemarin menanggapi munculnya surat tertulis dari KH Muslim Rifai Imampuro (Mbah Liem) Klaten kepada Rois Aam PBNU.

Pengasuh Pesantren Al-Hikmah2, Benda, Sirampog, Brebes itu mendukung pernyataan Rois Aam PBNU KHMA Sahal Mahfudh agar semuanya diserahkan muktamirin. ‘’Sejak NU lahir sampai kapan pun para kiai akan tetap mengedepankan musyawarah mufakat. Jadi tidak akan main tunjuk,’’ tuturnya.

Pendapat yang disampaikan pengasuh pondok pesantren Al-Muttaqin Pancasila Sakti Klaten melalui surat itu, menurut Kiai Masruri patut diterima sebagai wacana dan pesan dari para sesepuh yang peduli kepada NU.

Ia merasa gembira karena Kiai Sahal hingga kini diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus menjadi panutan dan rujukan para kiai. Sebagaimana diberitakan, KH Muslim Rifai Imampuro secara khusus mengirim surat tertulis kepada Kiai Sahal agar tetap bersedia menjadi Rois Aam PBNU dan KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah) sebagai Ketua Umum menggantikan KH Hasyim Muzadi.

‘’Di NU kiai-kiai dan sesepuh seperti Mbah Liem masih sangat didengar nasihat dan pendapatnya. Nah kali ini beliau berpendapat menjelang Muktamar di Makassar. Semuanya diserahkan kepada muktamirin,’’ tuturnya.
Optimistis

Ia mengaku baru saja diundang untuk memberikan pencerahan kepada ‘’Kelompok Gawagis’’ (putra-putra kiai yang biasa dipanggil gus) di pesantren KH Mahfudz Ridlwan Salatiga.

‘’Anak-anak muda NU merasa pesimistis terhadap perkembangan Nahdlatul Ulama ke depan. Saya sampaikan mereka tidak boleh pesimistis tapi harus selalu optimistis,’’ tegasnya.

Kiai Masruri membandingkan perjuangan yang dilakukan oleh KH Abdul Wahab Chasbullah, KH Hasyim Asy’ari, KH Abdul Fatah Hasyim, KH Bisri Syamsuri dan para kiai terdahulu yang berjuang melahirkan dan membesarkan NU. ‘’Perjuangan kita belum ada apa-apanya,’’ tuturnya.

Untuk melakukan persiapan Muktamar Makassar, Sabtu (6/2) para Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jateng akan berkumpul di PWNU Jateng Jl Dr Cipto 180 Semarang. Menurut Kiai Masruri, acara tersebut akan dihadiri Ketua Umum PBNU KHMA Sahal Mahfudh.(B13-76)
 

0 Response to "Jateng Dukung Kiai Sahal Mahfudh"