Empat Siswa MTs Ditemukan Tewas

Berita Utama
16 Februari 2010
Empat Siswa MTs Ditemukan Tewas
Tiga Masih Hilang di Pantai Parangtritis
BANTUL- Empat dari tujuh korban tenggelam di Pantai Parangtritis ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, Senin (15/2). Keempat korban merupakan siswa kelas II dan III MTs Ar Rasyid Darma Kuningan, Jawa Barat. Mereka adalah Dede, Anugrah, Anggi Sugianto, dan Aditya Rahmat. Mereka berumur 15-16 tahun.

Tiga korban lainnya masih dicari petugas SAR. Anugrah ditemukan kali pertama sekitar pukul 05.45, kemudian Dede pukul 06.30. Jenazah kedua remaja itu ditemukan mengapung di laut, sekitar 400 meter sebelah timur Posko SAR Pantai Parangtritis.

Adapun Anggi ditemukan pukul 13.30, sekitar 500 meter sebelah barat tempat dia berenang dan hilang, atau di Pantai Parangkusumo. Menyusul kemudian jenazah Aditya Rahmat ditemukan pukul 15.00.

’’Dua korban pertama ditemukan di lokasi yang hampir sama, tepat di Morangan, Pantai Parangtritis, atau sekitar 400 meter sebelah timur posko SAR,’’ kata Ali Joko Sutanto, komandan SAR Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul. Untuk mengevakuasi jenazah korban, petugas SAR harus berenang ke lokasi penemuan, lalu membawanya ke darat.


Jaring Eret

Keempat korban langsung dievakuasi ke Posko SAR untuk diidentifikasi oleh tim medis dan anggota Polres Bantul. ’’Masih ada tiga korban yang kami cari, yaitu Regi Prasetya, Agus Rohjani, dan Endi Ahmad Supriyadi,’’ kata Ali. Pencairan antara lain dilakukan dengan menggunakan jaring eret.
’’Pencarian dengan menebar jaring eret pernah membuahkan hasil. Semoga ketiga korban cepat ditemukan,’’ imbuhnya.

Kemarin petang sekitar pukul 16.30 petugas SAR melihat satu lagi korban yang terapung di tengah laut, namun belum bisa dievakuasi. Heri Purwanta, kepala MTs Ar Rasyid menyatakan, semua keluarga korban telah menerima kejadian itu sebagai musibah. Pihak sekolah akan mengusahakan bantuan kepada keluarga korban untuk biaya pemakaman dan tahlil selama 7 hari.
’’Kami juga mengusahakan asuransi. Ini musibah. Jika orang tua mereka kehilangan satu anak, saya sebagai kepala sekolah kehilangan tujuh anak,’’ ujarnya.

Seperti diberitakan (SM, 15/2), ketujuh siswa itu tenggelam saat berenang di pantai, Minggu (14/2) sekitar pukul 16.30. Mereka adalah bagian dari 120 siswa MTS Ar Rasyid yang ikut berwisata ke Candi Borobudur dan Pantai Parangtritis. (sgt-65)

0 Response to "Empat Siswa MTs Ditemukan Tewas"